5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menggadaikan Produk Elektronik

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menggadaikan Produk Elektronik

Sabtu, 19 Des 2020
Di jaman yang serba menuntut banyak hal, tak jarang kita dihadapkan dengan beragam kebutuhan dan biaya tak terduga. Untuk dapat memenuhi kebutuhan tersebut, salah satu cara cepat untuk bisa mendapatkan dana adalah dengan menggadaikan produk elektronik.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menggadaikan produk elektronik.

1. Kepercayaan lembaga gadai

Memastikan penyedia jasa gadai elektronik yang Anda tuju tepercaya dan aman sangatlah penting. Selain mengutamakan dana pinjaman, kepercayaan bahwa barang pribadi aman serta memenuhi standar kenyamanan.

Lembaga gadai profesional umumnya mampu menilai harga gadai produk elektronik dengan baik, serta memiliki pelayanan yang baik. Untuk bisa memperoleh ini, Anda dapat membaca ulasan terkait lembaga gadai tersebut.

2. Syarat dan ketentuan yang berlaku

Setiap lembaga gadai pasti memiliki syarat dan ketentuan tersendiri untuk diterapkan dalam prosedur kerjanya.

Salah satu hal paling penting yang biasa diperlukan adalah identitas penggadai sebagai syarat pengajuan dana untuk menjamin barang elektronik yang digadai. Identitas penggadai akan dinilai keasliannya untuk mengetahui riwayat kredibilitas.

Selain itu, barang elektronik yang digadai akan juga akan dinilai secara langsung sebelum dijadikan jaminan. Hal tersebut akan meliputi kardus pembungkus asli untuk menempatkan barang tetap aman, serta nota pembelian sebagai bukti sah bahwa barang elektronik tersebut merupakan milik Anda.

3. Kebijakan terkait biaya gadai

Biaya gadai pasti telah dinilai dari segi untung dan rugi, termasuk perkembangan pasar terkini. Untuk barang elektronik, umumnya biaya yang dikeluarkan hanya berkisar 80 sampai 85% saja dari nilai taksir harga.

Kebijakan mengenai biaya gadai elektronik sudah diatur dalam standar BUMN. Yaitu setiap 15 hari biaya sewa pada barang akan selalu dikenakan. Baik dalam jatuh tempo 120 hari maupun perpanjangan waktu yang diminta selanjutnya.

Setiap keterlambatan dalam jatuh tempo akan dikenai denda atau biaya administrasi. Biaya tersebut akan mengikuti banyak jumlah pinjaman.

4. Nilai taksir barang gadai

Dalam pegadaian barang elektronik, nilai taksir secara penuh tak bisa dikeluarkan sepenuhnya. Sekitar 80-85% biaya total yang bisa dipinjamkan kepada pelanggan terkait harga barang berharga yang dijadikan jaminan. Namun, hal tersebut tetap mengikuti ketetapan yang disepakati dengan OJK sebelumnya.

5. Tenggang waktu barang gadai

Umumnya Anda bisa mengatur sendiri waktu tenggat dalam penggadaian bersama dengan penyedia jasa gadai. Hal tersebut dikarenakan perbedaan waktu yang dibutuhkan untuk pelunasan guna menembus barang yang tersimpan di pegadaian. Selain itu juga terkait kesanggupan biaya administrasi.

Sebaiknya Anda tidak melupakan setiap tanggal jatuh tempo untuk mengurangi total pinjaman. Perhatikan banyak dana yang harus dikembalikan setiap tempo.
Untuk Anda yang mencari jasa gadai elektronik tepercaya dan profesional, PT Gadai Maju Bersama (GMB) menawarkan jasa gadai produk elektronik, termasuk laptop, smartphone, kamera, TV, hingga game console.

Dengan syarat yang mudah dan cepat, tim profesional dari PT Gadai Maju Bersama (GMB) akan memberikan taksiran nilai barang gadai terbaik untuk produk elektronik Anda.

Tunggu apa lagi? Jika Anda membutuhkan dana cepat dengan mudah, PT Gadai Maju Bersama (GMB) jawabannya.



Sumber: rajagadai.id

Semua penjelasan, deskripsi, gambar, dan informasi lainnya p...

Adanya Kebijakan Privasi ini adalah komitmen nyata dari PT. ...

Kebutuhan manusia seiring jaman memang semakin beragam, baik...

Sebelum memutuskan membuka usaha, Anda pasti akan dihadapkan...

Send Message